Minggu, 02 September 2012

Amaedola ba Li Niha atau Peribahasa dalam Bahasa Nias.


Amaedola ba Li Niha atau Peribahasa dalam Bahasa Nias.




  1. Hulö latawi mboro'e, ebua högö moroi ba gi'o = Lebih baik menyelesaikan masalah secara kekeluargaan daripada menunggu pihak yang berwajib untuk bertindak/ menyelesaikannya.
  2. Hulö zogohi boro'e, fatambu nigohi ba fatambu zogohi. =Baik yang kalah maupun yang menang, sama-sama menanggung akibat/ resiko.
  3. Hulö mbaewa ba dete gahe, u'ewa göi ba ahegu tou, ba lö göi u'ewa ba ahulua = Keragu-raguan dalam mengambil suatu keputusan dalam sesuatu hal, karena telah diselimuti oleh berbagai pertimbangan.
  4. Hulö zigi sitoba'a lela = Seseorang yang tidak berani mengungkapkan sesuatu.
  5. Wura-wura si lö motutu bu'u, mangawuli khögu hanu-hanu = Semua apa yang telah diucapkan/ diperbuat oleh seseorang akan dirasakannya sendiri akibatnya.
  6. Alölö nafo na no munganga, ahori gö na no mu'a, awai zi lö mondröi zi lö taya ha taromali si sambua = Berbuat baik kepada seseorang merupakan mahkota yang agung dalam hidup.
  7. Hulö La'ewa nidanö ba ifuli fahalö-halö = Rasa kepersaudaraan itu sangat kuat dan susah untuk dipecahbelahkan meskipun banyak hal yang merupakan tantangan di antara kehidupan orang yang bersaudara.
  8. Hulö latunu go'o ba dumöri samösa zamaböli, felendrua zanöri-nöri = Apa bila ada suatu pertikaian/pertengkaran/ masalah di antara dua pihak, maka dari keseluruhan jumlah pihak ketiga yang datang, hanya satu orang yang hendak memberikan solusi namun ratusan orang berkehendak untuk memanas-manaskan/ mengobarkan api permasalahan.
  9. Mu'ogöri mbalugu böi söbi, foriti-riti manö.= Menakut-nakutkan seseorang dengan maksud tak sungguhan.
  10. Sökhi wame'e sökhi wanou'ö, awai zimörö zimate =  Keputusan yang baik dan benar akan selalu diakui dan diindahkan.
  11. Solalau niasa, solalau tufo, ha elungu ba mböröta ba elungu ba hogu. = Pikirkanlah lebih dulu apa yang hendak kamu lakukan sebelum melakukan sesuatu hal, supaya kamu tidak meraba-raba lagi apa yang semestinya anda perbuat kemudian. (Juga: Turutilah peraturan supaya kamu tak mendapat banyak masalah di kemudian hari).
  12. Hulö geu safatö hogu = Seseorang yang tak punya semangat dan atau harapan dalam hidupnya.
  13. Akha mate mbaewa, si radi nawö = Meskipun semuanya habis untuk sesuatu hal, namun apabila hasilnya setimpal dengan hal itu, maka itupun tidak akan dikatakan  "merugikan".
  14. Kauko ba hili kauko ba ndraso, faolo ndra'ugö ba ufaolo göi ndra'o, faoma ita fao-fao. = Mari kita saling menghargai (pendapat) sesama supaya suatu permasalahan dapat terselesaikan dengan kesepakatan bersama dan adil.
  15. Bõi auko dödö dalimbo ba bõi obu'u dõdõ landrõta. = Hargailah perasaannya, sudah tahu dia sedang susah (sedih), tak usah lagi menambah beban pemikirannya.
  16. Simanga howu hao, inganga-nganga bawa ba irongo talinga. = Sesungguhnya orang itu sudah tahu, namun masih mau lagi menanyakan hal itu. (dah tau, tapi masih kepingin nanya terus)
  17. Nifo'awi-awi lahagu, no i'orodugõ hogu fabaya mbõrõ ba ifabaya-baya'õ khõgu dalu. = Orang yang munafik (penipu), selalu berkata manis, sok sopan dan berlagak jujur namun semuanya itu adalah omong kosong.
  18. No te'io mbai helua ba no te'io mbai mbõgi = Seseorang yang suka mengatakan hal-hal yang kurang baik kepada orang lain.
  19. Idanõ ba nasoa ba idanõ ba sere. Hana na olotu ba na so gere ba ohahau =  Meskipun suasana tidak menyenangkan atau kacau ketika ada masalah, tetapi bila orang yang ditakuti/disegani datang , maka semuanya akan tenang dan kembali seperti semula. 
  20. Mana hili na lakhao ba ahori, mendrua manõ õ ni'a ma'õkhõ.  = Jangan hanya tergantung pada harta yang sudah dimiliki, karena suatu waktu itu juga bisa habis bila hanya diam dan menunggu tanpa berkerja atau berusaha. 
  21. So doho, dozi bu'u hili so nono laosi = Bila ada uang, maka keinginan dapat tercapai dengan mudah (Juga bisa dikatakan: Ada uang, abang sayang...huhuii..)
  22. Bõi fagokhõ na lõ bago = Tak perlu banyak omongan/pembicaraan bila tak pernah ada bukti nyatanya.
  23. Famuwusi dõgi lõsu = Bekerja keras (banting tulang)
  24. Bõi fabu'u aya ndraono lawere, fawere-were dania = Tak usah berjanji kalau tak mampu ditepati, karena janji adalah hutang. 
  25. Gofu hezoso mõi lõsu ba igo'õ-go'õ ia uliho = Sifat dan perilaku itu akan selalu dibawa-bawa kemanapun perginya.
  26. Boi folau u’o ba go’o, ohawui mano.
  27. Boi gokhoi danga nalo bago.
  28. Siwa dogi harimo adu, hasambua wondruho.
  29. Tema fehombo mbogi mbanua, tema falili mbute mbulu.
  30. Fesu mbawi ba o’o goholu, fesu niha ba taroma li.
  31. Boi lau ba mbawau nidano, lo’oila otema li nawou.
  32. Boi susuko wulawa faudumo, olowingo ndraugo.
  33. Teraa fofano ba zibongi, tema fadou nuwu lali.
  34. Tema famohago tola ganowo, tema fatangi’o.
  35. Hulo wa’abe’e dolu-tolu gawoni, abe’e naro ba ombuyu gero.
  36.  Boi taba-taba haga mbawa.
  37.  Hulo lae-lae gahala, tebala-bala lai ziofona ba lai zafuria.
  38.  Hulo labozi gondra, aefa mbozi-bozi ba doho goi li.
  39. Abolo duhe moroi ba nangi.
  40. Abila gae akoi gowi afato na tafangamoi.
  41. 16. Baewa sanoro tete kahe, na la’ewa aetu gahe,
    ba na la’efasi ba alimago me’ahulua.
  42.  Fa’uo waoho nalo osi.
  43.  Goli-goli mbanio, moi lakho mbawi soya.
  44. Gofu heza tefawu’a losu, ba terongo-rongo li zanutu.
  45. Lo mauwu ndraono ba hago-hago, lo mauwu zatua ba li sokolingo.
  46. Lo etuna silo talaho.
  47. Mangelama lela ba nifo.
  48. Moido-moido ba khomo falomoi khoda wokho, ae’e-ae’e ba
    khogu falomoi khoda mbekhu.
  49. Na’ara ita ba zinga nidano, i’ago huada buaya.
  50. Olifu laosi lo olifu dandrawa.
  51. Sofano ba gawu sofano baene, tafaoma fabalu lahe.
  52. Sifakukuru’u ita ba mbanuada ba sigere-gere ita
    ba mbanua bo’o.
  53. Toe’se-ese nazese tedou-dou wa’onekhe, to’ese-ese
    mburuti tedou-dou wa’asokhi.
  54. Timba-timba koe ahe.
  55. Hadia wamauwu ndraono tenga ‘o, hadia wamao
    zatua tenga bowo.
  56. Ha fatua awuyu la’iso, nano atua la’erogo.
  57. Hulo zolohi boroe, fatambu tai zolohi ba fatambu tai nigohi.
  58. Hulo lafanoi dawuo dano.
  59. Hulo zi fatefe ba galito.
  60. Hadia go nano mu’a, hadia nafo nano munganga, hadia zami sibai somohua, ha taroma li sisambua.
  61. Hulo zi fatefe bo galito.
  62. Hulo aruru mbaho geu, ha samuza fa’atoru.
  63. Hulo na mohede mburu’u koko, ba mboro mohongo-hongo ba dumalai dania ba taya mano.
  64. Hulo maufa niha raya lo asoso balo ataha.
  65. Ha lumo zulu ba mbaewa, ba ha lumo ho’ae ba wolaya.
  66. Hulo mbuaya, irongo li zanika tawuo.
  67. Hulo manabo mbaewa, itaboi i’o ba ira’u bawa.
  68. Hulo fahuwu nasu, sabata bano fa’udu.
  69. Hulo famati mbulu damo.
  70. Hulo mondri mazauwu.
  71. Hulo mbae’a igoza-gozao lele nia.
  72. Hulo mbawa zi no lafodiwo.
  73. Hulo mbawa nasu mbanua no ifaoga.
  74. Ha samosa mbawa zi’otu.
  75. 50. Hulo zamato laegura, he hasara ba itugu oya nosi.


KENANGAN STIE PEMBNAS


LAPORAN HASIL PENELITIAN LAPANGAN
DI
UD. TETTY MURNI


M
 
A.    PENGENALAN USAHA DAN JENIS USAHA

UD. TETTY MURNI merupakan salah satu badan usaha berjenis perdagangan yang terletak di Desa Hilimbosi Kecamatan Sitolu Ori Kabupaten Nias Utara. Usaha dagang ini merupakan wadah usaha yang legal atau memiliki izin operasionalisasi dari pemerintahan setempat. Usaha dagang ini meliputi beberapa jenis barang dagangan, diantaranya:
ü  BBM atau Bahan Bakar Minyak (Meliputi : minyak bensin, minyak tanah, dan minyak solar),
ü  Pupuk Bersubsidi , dan
ü  Beberapa jenis minuman beralkohol, barang kelontong, semen, dan lain sebagainya yang sejenis.




B.      MODAL AWAL, OMSET, SERTA KEPEMILIKAN USAHA
UD. TETTY MURNI berdiri pada tahun 2004 dengan kepemilikan atas nama saudari NUR’ATI MENDROFA. Ia memulai usahanya ini dengan modal awal sebesar:
Rp. 50.000.000.00,-. Awalnya  beliau memulai usaha ini dengan tujuan hanya untuk coba-coba saja, namun karena usaha ini berjalan dengan lancar dan sedikit demi sedikit memberikan omset atau laba baginya, maka akhirnya beliau bertekad untuk selalu mempertahankan kelangsungan hidup usahanya ini.
Menurut perkiraan rata-ratanya, usaha dagang ini dapat menghasilkan omset atau laba sekitar ± 2.000.000,00.- per bulan. Adapun omset ini diperoleh dari hasil penjualan barang-barang dagangannya tersebut seperti :
ü  Minyak Bensin, Solar dan Minyak Tanah
Harga :
Harga eceran = Rp. 5000,00.- per liter
ü  Pupuk
Harga :
Harga eceran = Rp. 130.000,00.- per zak/karung
Proses distribusi pupuk :
Pupuk di ambil dari distributor melalui kelompok-kelompok tani yang dibentuk dalam
organisasi pedesaan yang terdiri dari ±16 orang. Proses distribusi pupuk ini, didasari atas kesepakatan-kesepakatan antara pengencer atau pemilik usaha dengan pihak pedesaan. Usaha dagang ini berlangganan dalam pendistribusian pupuk dengan distributornya yaitu PT. PUSRI dan juga PT. ISKANDAR MUDA.
ü  Beberapa jenis barang kelontong serta minuman beralkohol lainnya dengan harga yang ekonomis tertentu.




C.      STRUKTUR MANAJEMEN

UD.  TETTY MURNI merupakan salah satu contoh jenis kepemilikan usaha yang individual (personal), yaitu usaha yang dimiliki oleh seseorang dan dikelola oleh orang tersebut sendiri. Usaha dagang ini tidak memiliki struktur manajemen karena ia hanya bekerja sendiri yang mana pemilik usaha ini yang sekaligus melaksanakan kegiatan usahanya bersama dengan keluarganya.

D.      OPERASIONAL KERJA

Usaha dagang ini juga memiliki waktu dari operasional kerjanya. Usaha ini beroperasi setiap harinya mulai pukul 05.00-22.00 WIB, kecuali hari minggu.

E.      KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN USAHA

1.     KEUNGGULAN USAHA

Kegiatan usaha ini memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri sehingga dari tahun ke tahun, kegiatan usahanya berjalan dengan lancar. Adapun keunggulan dari usaha ini, diantaranya:
ü  Lokasi tempat usaha yang sangat strategis, dimana ia terletak di pinggiran jalan raya yang mudah di jangkau konsumen, dan terlebih lagi karena cuma dialah satu-satunya jenis usaha yang ada di daerah tersebut, khususnya dalam pemasokkan BBM (Bahan Bakar Minyak).
ü  Pemilik atau pekerja dalam usaha ini memiliki etika dan sikap santun yang baik serta ramah terhadap konsumen yang membuat minat konsumen tertarik dan merasa puas, karena motto utama dari usaha ini ialah :Pembeli Itu Raja”, sehingga pelayanan yang baik terhadap konsumen lebih di utamakan.
ü  Memiliki lokasi usaha yang bersih dan enak untuk di pandangi.

2. KELEMAHAN USAHA

Selain keunggulan dari usaha tersebut diatas, adapun kelemahan yang bisa ditemukan di dalamnya, diantaranya :
ü  Kurangnya karyawan yang membuat kegiatan operasional kerjanya terbebankan kepada satu orang saja, sehingga kadang-kadang usaha dagang tersebut di tutup bukan pada waktunya karena lelah atau terlalu capek.
ü  Kurangnya pengalaman dalam accounting dan pencatatan-pencatatan keuangan  yang membuat perhitungan pengeluaran dan penerimaan dana selama bulannya, sering terabaikan, sehingga rugi untungnya dari kegiatan usaha tersebut, kadang sulit untuk di pastikan.

F.      SARAN YANG DIBERIKAN 


Berikut ini, beberapa saran yang kami munculkan saat menanggapi dari keunggulan dan kelemahan usaha UD. TETTY MURNI tersebut, diantaranya :
ü  Pelayanan serta sikap santun yang baik terhadap konsumen harus dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan, karena dengan demikian, konsumen akan sagat senang dan merasa puas mengkonsumsi barang-barang dagangan kita tersebut.
ü  Mencarikan karyawan yang memiliki pengalaman kerja yang baik guna membantu dalam kegiatan operasionalisasi kerja.
ü  Lebih teliti dalam kegiatan accounting atau dalam mengatur jalannya keuangan. Bila tidak mampu, maka diharapkan mencarikan seseorang karyawan lain yang ahli di bidang accounting tersebut serta dapat dipercaya, karena masalah keuangan adalah masalah yang sangat serius dalam mengelola sebuah usaha.

PENUTUP

A.      KESIMPULAN

Memulai sebuah usaha tidaklah semudah seperti saat kita membalikkan telapak tangan. Memulai sebuah usaha juga tidak hanya berdasar akan teory saja, namun harus di barengi oleh modal dan pengalaman kerja. Sikap berani mengambil resiko dalam memulai sebuah usaha, adalah hal yang harus ada di setiap benak para wirausahawan/wirausahawati saat mulai berwirausaha.

Dari Usaha Dagang TETTY MURNI, kita diberikan sedikit pengalaman kerja yang sangat bermanfaat, dimana saat berwirausaha, kepuasan konsumen merupakan target utama kita yang yang dapat dipenuhi dengan sikap santun, ramah dan dengan pelayanan yang baik terhadap mereka.

B.         SARAN DAN KRITIKAN

Demikianlah hasil laporan penelitian kelompok belajar kami, namun kami sadar bahwa selaku manusia yang tak sempurna, pastinya ada banyak kelemahan serta kesalahan kami dalam pembuatan laporan kami ini, baik dari segi isi, kesalahan pengetikan, maupun kekurangjelasan informasi, maka dari itu, dengan beribu harapan ma’af kami lantunkan buat bapak dosen kami serta bagi siapapun yang membaca hasil laporan ini.

Segala bentuk kritikan, saran, serta masukan-masukan sangatlah kami harapkan, guna untuk lebih mematangkan lagi ilmu pengetahuan serta pengalaman kerja yang kami miliki. Terima kasih.












DI SUSUN OLEH :
SERIUS HAREFA
FIDELIS NDRURU
FESTI RAHMAT SARI TELAUMBANUA
GEMAR SEBERTINI WARUWU
HEPY PASRAH ELI MARUHAWA
HARAPAN JAYA LASE
HADIRAT KURNIAWAN WARUWU
 

TUGAS :
M.K. KEWIRAUSAHAAN
DOSEN PENGASUH:
FATOLOSA HULU,SE.MM