Minggu, 02 September 2012

KENANGAN STIE PEMBNAS


LAPORAN HASIL PENELITIAN LAPANGAN
DI
UD. TETTY MURNI


M
 
A.    PENGENALAN USAHA DAN JENIS USAHA

UD. TETTY MURNI merupakan salah satu badan usaha berjenis perdagangan yang terletak di Desa Hilimbosi Kecamatan Sitolu Ori Kabupaten Nias Utara. Usaha dagang ini merupakan wadah usaha yang legal atau memiliki izin operasionalisasi dari pemerintahan setempat. Usaha dagang ini meliputi beberapa jenis barang dagangan, diantaranya:
ü  BBM atau Bahan Bakar Minyak (Meliputi : minyak bensin, minyak tanah, dan minyak solar),
ü  Pupuk Bersubsidi , dan
ü  Beberapa jenis minuman beralkohol, barang kelontong, semen, dan lain sebagainya yang sejenis.




B.      MODAL AWAL, OMSET, SERTA KEPEMILIKAN USAHA
UD. TETTY MURNI berdiri pada tahun 2004 dengan kepemilikan atas nama saudari NUR’ATI MENDROFA. Ia memulai usahanya ini dengan modal awal sebesar:
Rp. 50.000.000.00,-. Awalnya  beliau memulai usaha ini dengan tujuan hanya untuk coba-coba saja, namun karena usaha ini berjalan dengan lancar dan sedikit demi sedikit memberikan omset atau laba baginya, maka akhirnya beliau bertekad untuk selalu mempertahankan kelangsungan hidup usahanya ini.
Menurut perkiraan rata-ratanya, usaha dagang ini dapat menghasilkan omset atau laba sekitar ± 2.000.000,00.- per bulan. Adapun omset ini diperoleh dari hasil penjualan barang-barang dagangannya tersebut seperti :
ü  Minyak Bensin, Solar dan Minyak Tanah
Harga :
Harga eceran = Rp. 5000,00.- per liter
ü  Pupuk
Harga :
Harga eceran = Rp. 130.000,00.- per zak/karung
Proses distribusi pupuk :
Pupuk di ambil dari distributor melalui kelompok-kelompok tani yang dibentuk dalam
organisasi pedesaan yang terdiri dari ±16 orang. Proses distribusi pupuk ini, didasari atas kesepakatan-kesepakatan antara pengencer atau pemilik usaha dengan pihak pedesaan. Usaha dagang ini berlangganan dalam pendistribusian pupuk dengan distributornya yaitu PT. PUSRI dan juga PT. ISKANDAR MUDA.
ü  Beberapa jenis barang kelontong serta minuman beralkohol lainnya dengan harga yang ekonomis tertentu.




C.      STRUKTUR MANAJEMEN

UD.  TETTY MURNI merupakan salah satu contoh jenis kepemilikan usaha yang individual (personal), yaitu usaha yang dimiliki oleh seseorang dan dikelola oleh orang tersebut sendiri. Usaha dagang ini tidak memiliki struktur manajemen karena ia hanya bekerja sendiri yang mana pemilik usaha ini yang sekaligus melaksanakan kegiatan usahanya bersama dengan keluarganya.

D.      OPERASIONAL KERJA

Usaha dagang ini juga memiliki waktu dari operasional kerjanya. Usaha ini beroperasi setiap harinya mulai pukul 05.00-22.00 WIB, kecuali hari minggu.

E.      KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN USAHA

1.     KEUNGGULAN USAHA

Kegiatan usaha ini memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri sehingga dari tahun ke tahun, kegiatan usahanya berjalan dengan lancar. Adapun keunggulan dari usaha ini, diantaranya:
ü  Lokasi tempat usaha yang sangat strategis, dimana ia terletak di pinggiran jalan raya yang mudah di jangkau konsumen, dan terlebih lagi karena cuma dialah satu-satunya jenis usaha yang ada di daerah tersebut, khususnya dalam pemasokkan BBM (Bahan Bakar Minyak).
ü  Pemilik atau pekerja dalam usaha ini memiliki etika dan sikap santun yang baik serta ramah terhadap konsumen yang membuat minat konsumen tertarik dan merasa puas, karena motto utama dari usaha ini ialah :Pembeli Itu Raja”, sehingga pelayanan yang baik terhadap konsumen lebih di utamakan.
ü  Memiliki lokasi usaha yang bersih dan enak untuk di pandangi.

2. KELEMAHAN USAHA

Selain keunggulan dari usaha tersebut diatas, adapun kelemahan yang bisa ditemukan di dalamnya, diantaranya :
ü  Kurangnya karyawan yang membuat kegiatan operasional kerjanya terbebankan kepada satu orang saja, sehingga kadang-kadang usaha dagang tersebut di tutup bukan pada waktunya karena lelah atau terlalu capek.
ü  Kurangnya pengalaman dalam accounting dan pencatatan-pencatatan keuangan  yang membuat perhitungan pengeluaran dan penerimaan dana selama bulannya, sering terabaikan, sehingga rugi untungnya dari kegiatan usaha tersebut, kadang sulit untuk di pastikan.

F.      SARAN YANG DIBERIKAN 


Berikut ini, beberapa saran yang kami munculkan saat menanggapi dari keunggulan dan kelemahan usaha UD. TETTY MURNI tersebut, diantaranya :
ü  Pelayanan serta sikap santun yang baik terhadap konsumen harus dipertahankan, kalau perlu ditingkatkan, karena dengan demikian, konsumen akan sagat senang dan merasa puas mengkonsumsi barang-barang dagangan kita tersebut.
ü  Mencarikan karyawan yang memiliki pengalaman kerja yang baik guna membantu dalam kegiatan operasionalisasi kerja.
ü  Lebih teliti dalam kegiatan accounting atau dalam mengatur jalannya keuangan. Bila tidak mampu, maka diharapkan mencarikan seseorang karyawan lain yang ahli di bidang accounting tersebut serta dapat dipercaya, karena masalah keuangan adalah masalah yang sangat serius dalam mengelola sebuah usaha.

PENUTUP

A.      KESIMPULAN

Memulai sebuah usaha tidaklah semudah seperti saat kita membalikkan telapak tangan. Memulai sebuah usaha juga tidak hanya berdasar akan teory saja, namun harus di barengi oleh modal dan pengalaman kerja. Sikap berani mengambil resiko dalam memulai sebuah usaha, adalah hal yang harus ada di setiap benak para wirausahawan/wirausahawati saat mulai berwirausaha.

Dari Usaha Dagang TETTY MURNI, kita diberikan sedikit pengalaman kerja yang sangat bermanfaat, dimana saat berwirausaha, kepuasan konsumen merupakan target utama kita yang yang dapat dipenuhi dengan sikap santun, ramah dan dengan pelayanan yang baik terhadap mereka.

B.         SARAN DAN KRITIKAN

Demikianlah hasil laporan penelitian kelompok belajar kami, namun kami sadar bahwa selaku manusia yang tak sempurna, pastinya ada banyak kelemahan serta kesalahan kami dalam pembuatan laporan kami ini, baik dari segi isi, kesalahan pengetikan, maupun kekurangjelasan informasi, maka dari itu, dengan beribu harapan ma’af kami lantunkan buat bapak dosen kami serta bagi siapapun yang membaca hasil laporan ini.

Segala bentuk kritikan, saran, serta masukan-masukan sangatlah kami harapkan, guna untuk lebih mematangkan lagi ilmu pengetahuan serta pengalaman kerja yang kami miliki. Terima kasih.












DI SUSUN OLEH :
SERIUS HAREFA
FIDELIS NDRURU
FESTI RAHMAT SARI TELAUMBANUA
GEMAR SEBERTINI WARUWU
HEPY PASRAH ELI MARUHAWA
HARAPAN JAYA LASE
HADIRAT KURNIAWAN WARUWU
 

TUGAS :
M.K. KEWIRAUSAHAAN
DOSEN PENGASUH:
FATOLOSA HULU,SE.MM











Tidak ada komentar:

Posting Komentar